Rechercher dans ce blog

Monday, July 15, 2024

Moeldoko Minta Jokowi ke Pabrik VinFast di Vietnam, Sekarang Bikin Pabrik di Subang - detikOto

Jakarta -

Sebelum VinFast melakukan groundbreaking seremonial di Subang, Jawa Barat, Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko bercerita tentang kunjungan Presiden Joko Widodo ke pabrik VinFast di Vietnam.

Moeldoko berkata Jokowi melihat langsung begitu besarnya teknologi yang dimiliki Vietnam dalam memproduksi kendaraan listrik.

"Pada kesempatan beberapa waktu yang lalu, saya menyarankan kepada Presiden Joko Widodo pada saat beliau ke Filipina, Vietnam, setelah itu ke Brunei, pada saat di Vietnam saya sarankan beliau mengunjungi pabrik VinFast yang ada di Vietnam," kata Moeldoko saat sesi grounbreaking pabrik VinFast di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Beliau datang dan melihat sendiri betapa VinFast itu sebuah industri mobil listrik yang sangat besar di Vietnam, dan kita berterima kasih kepada VinFast yang hari ini telah menunjukkan komitmen untuk ground breaking," tambah dia lagi.

Pada awal tahun 2024, Jokowi berkunjung ke pabrik VinFast di Vietnam. Orang nomor satu Indonesia itu melihat produksi mobil listrik hingga menjajal merasakan sensasi duduk berada di balik kemudi VinFast.

ADVERTISEMENT

"Ini merupakan industri yang perkembangannya sangat pesat sekali dan akan berinvestasi di Indonesia secepatnya," kata Jokowi dikutip dari Sekretariat Presiden, Minggu (14/1/2024).

Kehadiran VinFast diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Sehingga nanti kita bisa membangun sebuah ekosistem kendaraan listrik dan disambungkan dengan industri baterai listrik sehingga kita harapkan yang sering saya sampaikan ekosistem besarnya yang akan segera terbangun. Chairman dari VinFast menyampaikan akan segera memulai konstruksi secepatnya," tambah Jokowi.

VinFast menyampaikan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki iklim usaha yang kondusif. Hal ini yang membuat VinFast berminat untuk menggelontorkan dananya pada tahap awal pembangunan pabrik senilai US$ 200 juta atau Rp 3,1 triliun mulai tahun ini.

Sebagai komitmen awal, kini VinFast melakukan peletakan batu pertama di Subang, Jawa Barat. Pabrik itu berdiri di atas lahan 170 hektar dengan kapasitas produksi 50 ribu unit per tahun dan mulai beroperasi pada kuartal keempat tahun 2025.


(riar/rgr)

Adblock test (Why?)


Moeldoko Minta Jokowi ke Pabrik VinFast di Vietnam, Sekarang Bikin Pabrik di Subang - detikOto
Read More

No comments:

Post a Comment

Siapa Diuntungkan Turunnya BI Rate? - Kompas.com

[unable to retrieve full-text content] Siapa Diuntungkan Turunnya BI Rate?    Kompas.com Saham BBRI Terbang Sampai 30%, Ini Bocoran Inves...