Rechercher dans ce blog

Thursday, June 6, 2024

Pemilik Emas Siap-siap Pesta Pora, Harganya Bisa Pecah Rekor! - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas naik ke level tertinggi dua minggu pada hari Kamis karena data pekerjaan AS yang lebih lemah dari perkiraan menambah harapan penurunan suku bunga Federal Reserve pada akhir tahun ini dengan fokus beralih ke data non-farm payrolls yang akan dirilis malam nanti.

Berdasarkan data Refinitiv pada Jumat (7/6/2024) pukul 06.00 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$2.376,79 per troy ons. Harganya naik 0,05% dibandingkan kemarin.

Sementara pada penutupan perdagangan kemarin, emas dunia melonjak 0,88% ke US$2.375,61 per troy ons.

Data gaji swasta AS meningkat kurang dari perkiraan pada bulan Mei sementara data untuk bulan sebelumnya direvisi lebih rendah.

"Angka ketenagakerjaan ADP yang lebih lemah kemarin memberi sedikit keyakinan bahwa mungkin laporan (penggajian) besok tidak akan lebih kuat dari perkiraan, dan itu akan bersahabat dengan pasar emas dan perak," kata Jim Wyckoff, analis senior di Logam Kitco.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

"Jika kita melihat laporan pekerjaan yang jauh lebih kuat dari perkiraan, maka ekspektasinya adalah bahwa The Fed mungkin tidak dapat menurunkan suku bunga dalam waktu dekat" yang dapat menambah sedikit tekanan pada pasar emas, kata David Meger, direktur The Fed. investasi dan perdagangan alternatif di High Ridge Futures.

The Fed kemungkinan akan menurunkan suku bunga utamanya pada September dan sekali lagi pada tahun ini, menurut mayoritas ekonom dalam jajak pendapat Reuters.

Harga emas diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi lainnya tahun ini, meskipun terjadi penurunan permintaan fisik, kata konsultan Metals Focus.

"Meskipun ada risiko penurunan dalam waktu dekat, kami yakin bahwa harga akan mencapai rekor baru sebelum akhir tahun dan rata-rata US$2.250 untuk setahun penuh, menandai rekor rata-rata tahunan lainnya," kata Metals Focus.

Sementara itu, saham-saham global mencapai titik tertinggi sepanjang masa dan euro menguat setelah Bank Sentral Eropa (ECB) memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir lima tahun, namun juga mengisyaratkan bahwa langkah lebih lanjut mungkin memerlukan waktu cukup lama.

CNBC INDONESIA RESEARCH

(ras/ras)
[Gambas:Video CNBC]

Adblock test (Why?)


Pemilik Emas Siap-siap Pesta Pora, Harganya Bisa Pecah Rekor! - CNBC Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Carlo Ancelotti: Sabar Dulu ya, Endrick - detikSport

[unable to retrieve full-text content] Carlo Ancelotti: Sabar Dulu ya, Endrick    detikSport Akui Bersikap Tak Adil, Ancelotti Minta Endr...