Rechercher dans ce blog

Friday, May 3, 2024

Menteri Jokowi Pastikan Apple Investasi di RI, Beberkan Bukti Ini - detikFinance

Jakarta -

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), Apple, akan merealisasikan investasinya di Indonesia. Hal ini terbukti dengan rencana pembangunan Apple Developer Academy keempat di Bali.

"Apple jalan dong, kan mereka akan bangun akademi keempat," kata Menperin dilansir dari Antara, Jumat (3/5/2024).

Menurut Agus khusus untuk Apple, pemerintah menerapkan penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang berbeda dengan sektor lainnya.

Penghitungan tersebut berdasarkan nilai investasi yang sudah diberikan oleh perusahaan teknologi raksasa itu terhadap ekonomi Indonesia. Saat ini rencana realisasi investasi Apple di tanah air mendekati Rp 1,6 triliun.

"Sudah mendekati Rp 1,6 triliun, tapi itu pun bagi saya nggak cukup, belum cukup, belum cukup," kata dia.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menepis isu mengenai batalnya komitmen investasi Apple di Indonesia.

"Enggak itu hoaks-hoaks aja. Mau kok, mereka mau (berinvestasi di Indonesia)," kata Budi.

Menteri Budi menyebutkan hingga kini perusahaan teknologi global Apple masih memberikan sinyal yang positif untuk berinvestasi di Indonesia. Ia mengatakan pemerintah masih mencari formula insentif terbaik untuk menarik perusahaan pimpinan Tim Cook itu dapat melakukan investasi di Indonesia.

Selain itu Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pernah mengatakan raksasa teknologi itu tertarik untuk berinvestasi di bidang pengembangan artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

(ily/hns)

Adblock test (Why?)


Menteri Jokowi Pastikan Apple Investasi di RI, Beberkan Bukti Ini - detikFinance
Read More

No comments:

Post a Comment

Sepeda Listrik di Transmart Full Day Sale Diskon Hingga 45% - detikInet

[unable to retrieve full-text content] Sepeda Listrik di Transmart Full Day Sale Diskon Hingga 45%    detikInet Transmart Full Day Sale H...