Rechercher dans ce blog

Thursday, May 2, 2024

BPS: Inflasi April 2024 Capai 0,25%, Didorong Sektor Transportasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada April 2024 mencapai 0,25% secara bulanan (month-to-month/mtm). 

Secara tahunan, inflasi Indonesia pada April 2024 mencapai 3% year-on-year (yoy). Adapun secara tahun kalender,  inflasi mencapai 1,12%.

"Tingkat inflasi bulanan April 2024 lebih rendah dari bulan sebelumnya dan bulan yang sama pada tahun lalu,” ujar Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti, Kamis (2/4/2024).

Kelompok pengeluaran penyumbang inflasi terbesar adalah transportasi dengan inflasi 0,93% dan andil inflasi sebesar 0,12%.

Sementara itu, penyumbang utama inflasi dari kelompok transportasi adalah tarif angkutan udara dengan andil inflasi sebesar 0,06%. Sementara itu, tarif kereta api memberikan andil inflasi sebesar 0,01%.

Konsensus ekonom Bloomberg meramalkan inflasi tahunan pada April 2024 dengan nilai rata-rata di angka 3,08% (year-on-year/yoy). Sementara secara bulanan, rerata inflasi April diperkirakan pada level 0,32% (month-to-month/mtm). 

Proyeksi ini lebih tinggi dari realisasi inflasi di Indonesia pada Maret 2024 yang berada di level 3,05% (yoy) dan 0,52% secara bulanan atau month-to-month (mtm). 

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) Andry Asmoro yang tergabung dalam konsensus tersebut, memproyekskan inflasi pada April 2024 justru berada di level 3% (yoy). 

Asmo menyampaikan inflasi akan lebih landai dari bulan sebelumnya ini karena terjaganya harga pangan pokok. 

Di mana data terakhir yang Asmo sampaikan, menunjukkan harga beras mengalami deflasi 2% (mtm), berbalik dari angka inflasi pada bulan sebelumnya yang sebesar 2,1% (mtm). 

“Penurunan ini sebagian besar dipengaruhi oleh meningkatnya pasokan beras selama musim panen, melemahnya permintaan setelah liburan Idulfitri, serta realisasi impor beras oleh pemerintah,” ungkapnya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (2/5/2024). 

Sementara itu, komoditas lain seperti bawang merah dan gula pasir masih menunjukkan kenaikan harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Adblock test (Why?)


BPS: Inflasi April 2024 Capai 0,25%, Didorong Sektor Transportasi - Bisnis.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Sepeda Listrik di Transmart Full Day Sale Diskon Hingga 45% - detikInet

[unable to retrieve full-text content] Sepeda Listrik di Transmart Full Day Sale Diskon Hingga 45%    detikInet Transmart Full Day Sale H...