Rechercher dans ce blog

Monday, October 23, 2023

Sri Mulyani Bersuara soal Rupiah Melemah Mendekati Level Rp16 Ribu - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah hingga hampir menyentuh Rp16 ribu per dolar Amerika Serikat (AS) tidak terlepas dari kondisi di Negeri Paman Sam

Ia mengatakan inflasi AS masih cukup tinggi. Hal itu direspons bank sentral AS The Fed dengan mengeluarkan sinyal kenaikan suku bunga acuan akan dilakukan dalam waktu cukup lama atau higher for longer.

Kondisi itu membuat arus modal kembali masuk ke AS.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini yang menyebabkan banyak terjadinya capital flowing back ke AS, menyebabkan dolar index menguat di 106. Pak Gubernur (Bank Indonesia) sebelumnya mengatakan di 93, berarti dolar AS itu kuat secara global," katanya di Istana Kepresidenan, Senin (23/10).

Menanggapi kondisi itu, bendahara negara tersebut mengatakan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) akan menyinkronisasikan kebijakan moneter dan fiskal. Dengan begitu jika pemicu pelemahan nilai tukar rupiah berasal dari negara lain seperti AS, dampaknya bisa dimitigasi.

"Dan kita minimalkan (dampaknya) baik terhadap nilai tukar, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas sistem keuangan. Itu akan terus kita lakukan secara insentif," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Nilai tukar rupiah terus melemah belakangan ini mendekati level Rp16 ribu. Pada perdagangan awal pekan ini, rupiah ditutup di level Rp15.933 per dolar AS.

Mata uang Garuda melemah 61 poin atau minus 0,38 persen dari perdagangan sebelumnya.

Senada, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah melemah ke posisi Rp15.943 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

[Gambas:Video CNN]

(dhf/agt)

Adblock test (Why?)


Sri Mulyani Bersuara soal Rupiah Melemah Mendekati Level Rp16 Ribu - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia - Tribunnews.com

[unable to retrieve full-text content] Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia    Tribunnews.com i...