Rechercher dans ce blog

Wednesday, August 23, 2023

Rencana Merger Dibuka, saham Garuda (GIAA) dan GMF Aero (GMFI) Cetak ARA Dua Hari - Investor.ID

JAKARTA, Investor.id – Saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dan anak usahanya, PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) kompak ditutup melesat hingga auto reject atas (ARA) pada perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (23/8/2023).

Berdasarkan data BEI, harga saham GIAA melesat hingga ARA setelah naik Rp 7 (9,59%) menjadi Rp 80. Begitu juga dengan saham GMFI melompat hingga ARA setelah harga naik Rp 7 (9,86%) menjadi Rp 78.  Sebagaimana diketahui level ARA tertinggi saham GIAA dan GMFI dibatasi maksimal 10%.

Penguatan harga saham GIAA dan GMFI hingga ARA ini telah berlangsung sejak penutupan perdagangan saham kemarin. Dengan demikian, dalam dua hari terakhir, saham GIAA telah melesat masing-masing nyaris 20%.

Advertisement

Lompatan ahrga saham perusahaan pelat merah segmen penerbangan tersebu terjadi setelah Garuda Indonesia buka suara perihal inisiatif Kementerian BUMN yang menyiapkan rencana merger terhadap Garuda Indonesia, Citilink, dan Pelita Air.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan bahwa inisiatif merger tersebut masih dalam tahap diskusi dan belum sampai pada kesimpulan. Sebab, semuanya sedang dianalisa dan dikaji secara matang.

Saat disinggung kemungkinan merger rampung tahun depan, Irfan belum bersedia memastikan. "Insya Allah," jawab Irfan.

Inisiatif merger Garuda Indonesia bersama Citilink, dan Pelita Air dalam satu klaster penerbangan ini pertama kali disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir saat menjadi pembicara di acara Indonesia Cafetalk dengan tema Indonesia Diaspora Network Bersama Erick Thohir Senin (21/8/2023) kemarin.

Erick menuturkan, klaterisasi di sektor penerbangan merupakan upaya Kementerian BUMN untuk menekan tingginya biaya logistik di Indonesia. Dengan begitu, beban logistik di dunia bisnis diharapkan ke depan semakin ringan.

Sebagai informasi, Citilink sendiri merupakan anak usaha Garuda, sementara Pelita Air merupakan anak usaha Pertamina.

Editor: Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+oCMJPFzpWeg0OGZl, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)


Rencana Merger Dibuka, saham Garuda (GIAA) dan GMF Aero (GMFI) Cetak ARA Dua Hari - Investor.ID
Read More

No comments:

Post a Comment

Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia - Tribunnews.com

[unable to retrieve full-text content] Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia    Tribunnews.com i...