Rechercher dans ce blog

Friday, July 14, 2023

Cek Rekening, Hari Ini (14/7) Jadwal Pembayaran Dividen Jumbo Saham PTBA ANTM - Investasi Kontan

Reporter: Akhmad Suryahadi, Akmalal Hamdhi, Tedy Gumilar | Editor: Adi Wikanto

Pembayaran Dividen Saham PTBA & ANTM - JAKARTA. Investor di Bursa Efek Indonesia (BEI) pemegang saham PTBA dan ANTM segera cek rekening investasi. Hari ini, Jumat 14 Juli 2023 adalah jadwal pembayaran dividen saham PTBA dan ANTM.

Nilai pembayaran dividen saham PTBA dan ANTM sangat besar. Namun hanya investor saham PTBA dan ANTM dengan syarat tertentu yang bisa mendapatkan pembayaran dividen.

Diberitakan sebelumnya, Dua emiten tambang pelat merah, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) akan melakukan pembayaran dividen saham bernilai jumbo pada 14 Juli 2023.

Pembayaran dividen saham dilakukan kepada investor yang memiliki saham PTBA dan ANTM paling lambat pada Jumat 23 Juni 2023. Tangal tersebut adalah cum dividen atas jadwal pembayaran dividen saham ANTM & PTBA.

Baca Juga: Dividen Emiten Batubara Diproyeksi Melorot, Ini Saran dan Rekomendasi Analis

Cum dividen adalah periode penjualan saham yang mengandung hak pembayaran saham. Jika investor ingin mendapatkan pembayaran dividen saham bernilai jumbo dari ANTM dan PTBA, maka wajib membeli saham hari ini.

Mengingatkan saja, pembayaran dividen saham PTBA bernilai jumbo pada tahun 2023 ini. Dalam rapat umum pemegang saham yang digelar Kamis (15/6), PT Bukit Asam Tbk memutuskan pembayaran dividen saham PTBA Rp 12,56 triliun.

Jumlah pembayaran dividen saham PTBA ini setara dengan 100% dari laba bersih tahun lalu. Setiap pemegang satu saham PTBA akan mendapat dividen Rp 1.090.

Asal tahu, emiten pelat merah komoditas batubara ini mencatatkan rekor laba bersih tertinggi sepanjang sejarah perusahaan. Sepanjang 2022. Bukit Asam berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 12,6 triliun atau melesat 59% dari tahun sebelumnya yang senilai Rp 7,9 triliun.

Pencapaian laba bersih didukung dengan pendapatan, dimana emiten tambang batubara ini membukukan pendapatan sebesar Rp 42,6 triliun atau melonjak 146% dibandingkan 2021 yang sebesar Rp 29,3 triliun.

Pembayaran dividen saham ANTM

Sedangkan rapat umum pemegang saham (RUPS) pada Kamis (15/6) menetapkan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) melakukan pembayaran dividen saham senilai Rp 1,91 triliun. Jumlah pembayaran dividen saham ANTM ini setara dengan 50% dari laba bersih ANTM tahun 2022.

Setiap pemegang satu saham emiten tambang logam ini akan mendapat pembayaran dividen Rp 79,50 per saham ANTM.

Sebagai perbandingan, dividen payout ratio (DPR) Aneka Tambang tidak mengalami perubahan dari tahun lalu, dimana ANTM mengalokasikan sebesar 50% dari laba bersih tahun 2021.

Namun, dari segi besaran, jumlah dividen ANTM mengalami kenaikan hingga 105,18%, di mana besaran dividen yang dibagikan tahun lalu hanya sebesar Rp 930,87 miliar. 

Kenaikan pembayaran dividen ini tidak terlepas dari kenaikan kinerja keuangan ANTM tahun lalu. Emiten pertambangan logam milik negara ini membukukan laba bersih Rp 3,82 triliun sepanjang 2022. Jumlah ini melesat 105% dari realisasi laba bersih di periode akhir 2021 yang hanya Rp 1,86 triliun.

Baca Juga: Sejumlah Emiten Tebar Dividen Jumbo, Hal Ini yang Perlu Diwaspadai

Alhasil, laba bersih per saham dasar ANTM naik menjadi Rp 159 dari sebelumnya hanya Rp 77,47 per saham.

Kenaikan laba bersih ANTM tidak terlepas dari kenaikan penjualan. Konstituen Indeks Kompas100 ini membukukan pendapatan senilai Rp 45,93 triliun, naik 19% dari realisasi pendapatan di 2021 sebesar Rp 38,45 triliun.

Itulah informasi jadwal pembayaran dividen saham PTBA dan ANTM. Apakah Anda investor saham PTBA dan ANTM?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Adblock test (Why?)


Cek Rekening, Hari Ini (14/7) Jadwal Pembayaran Dividen Jumbo Saham PTBA ANTM - Investasi Kontan
Read More

No comments:

Post a Comment

Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia - Tribunnews.com

[unable to retrieve full-text content] Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia    Tribunnews.com i...