MALANG, KOMPAS.com - Bus berjenis Ultra High Decker (UHD) adalah konsep bodi bus yang memposisikan kursi penumpang berada di atas kursi pengemudi. Posisi ini kerap disebut dengan istilah low drive.
Meski kursi penumpang berada di atas, UHD berbeda dengan bus double decker. Sebab UHD hanya memiliki satu lantai untuk penumpang. Secara dimensi, bus UHD juga sedikit lebih rendah dari double decker.
Sebagai gambaran, bus UHD rata-rata memiliki tinggi sekitar 4 meter. Sementara bus double decker umumnya didesain dengan tinggi sekitar 4,15 meter. Namun, dimensi panjang dan lebar kedua jenis bus ini sama, yakni 13,5 meter dan 2,5 meter.
Baca juga: Mana Lebih Nyaman, Toyota All New Avanza atau All New Veloz?
Konsep bus UHD ini jadi hal unik di dunia angkutan umum Indonesia. Bodi bus jenis ini pertama kali diperkenalkan Karoseri Adiputro pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 silam.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, bus UHD kerap dimanfaatkan Perusahaan Otobus (PO) untuk melakukan perjalanan mengantar penumpang sekaligus paket barang seperti sepeda motor, karena bagasinya yang lebih lega dibandingkan bodi bus lainnya.
"Iya betul (UHD dijadikan kendaraan pengiriman paket). Karena kalau bus double decker bagasinya lebih kecil," ungkap Yohan kepada Kompas.com belum lama ini.
Baca juga: Xenia Hilang dari Daftar Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen, Ini Kata Daihatsu
Jika diamati, dengan tinggi yang hanya selisih beberapa sentimeter dari bus double decker tapi hanya punya satu lantai untuk kabin penumpang, maka benar bahwa bagasi bawah UHD lebih luas dibanding jenis bus lainnya.
Menurut perusahaan karoseri yang bermarkas di Malang, Jawa Timur tersebut, UHD diposisikan berada setingkat di bawah double decker dan di atas bus Super High Decker (SHD).
Akibat dari dimensi yang hampir mirip bus tingkat, Yohan menjelaskan UHD hanya bisa dirakit di atas sasis triple axis alias tronton. Contohnya seperti Mercedes-Benz OH 2542, Scania K410iB, dan Volvo B11R.
Baca juga: Ini Daftar Mobil Baru Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen
Pasalnya, sasis bus biasa tidak akan kuat dan sulit untuk seimbang dalam menopang bodi UHD. Maka tidak akan ditemukan bus berbodi UHD yang menggunakan sasis dua sumbu roda.
Jika ingin mencoba sensasi menaiki bus ini, beberapa PO yang memiliki armada UHD antara lain ada Pandawa 87, Sudiro Tungga Jaya, Rosalia Indah, serta yang terbaru dari Gunung Harta yang belum lama ini memborong enam unit UHD untuk trayek Malang-Bandung.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.Ini Alasan Bus UHD Wajib Pakai Sasis Tronton - Kompas.com - Otomotif Kompas.com
Read More
No comments:
Post a Comment