Rechercher dans ce blog

Sunday, March 31, 2024

Mobil Listrik Xiaomi Resmi Dijual, Harganya Bikin Ngiler! - detikOto

Jakarta -

Harga mobil listrik Xiaomi SU7 resmi diumumkan. CEO Xiaomi, Lei Jun mengatakan mobil listrik yang mereka jual ini sangat kompetitif secara spesifikasi dan harganya.

Pada acara peluncuran Xiaomi SU7, Lei Jun mengatakan bahwa mereka sudah berinvestasi banyak untuk membuat mobil yang baik. Bahkan pengetesan yang mereka lakukan pun tak main-main.

Xiaomi memamerkan mobil listrik mereka di MWC Barcelona 2024.Xiaomi memamerkan mobil listrik mereka di MWC Barcelona 2024. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

"Investasi yang besar ini menunjukkan komitmen kami untuk membuat mobil bagus. Kami melakukan uji jalan raya di 300 kota di seluruh China dengan total jarak tempuh pengujian melebihi 5,4 juta kilometer, cukup untuk mengelilingi bumi sebanyak 135 kali," papar Lei.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini adalah tes skala yang sangat besar. Total kami meluncurkan 576 mobil untuk tes jalan raya. Mungkin yang terbesar dari yang pernah ada di China dan itulah sebabnya banyak mobil kami yang terlihat di banyak tempat. Karena kami melakukan tes di banyak kota dengan begitu banyak mobil untuk membuat mobil yang bagus, kami berusaha sekuat tenaga," lanjutnya.

Xiaomi sejatinya sudah memamerkan SU7 pertama kali pada ajang MWC 2024 di Barcelona. Lantas animo pengunjung pameran yang tinggi dan antusiasme masyarakat terhadap mobil listrik besutan Xiaomi ini membuat mereka kian optimistis akan produknya.

ADVERTISEMENT

"Saat ini saya ingin berbagi dengan Anda satu kutipan, 'Sulit membuat mobil, tetapi menyenangkan untuk berhasil'. Sekarang saya secara resmi mempersembahkan SU7 kepada Anda," ucap Lei.

Presentasi CEO Xiaomi, Lei Jun, saat meluncurkan mobil listrik Xiaomi SU7 di China pada Jumat (28/3/24).Presentasi CEO Xiaomi, Lei Jun, saat meluncurkan mobil listrik Xiaomi SU7 di China pada Jumat (28/3/24). Foto: Youtube/Xiaomi

Mobil listrik Xiaomi SU7 hadir dalam beberapa varian, mulai dari versi entry level SU7, varian menengah SUV7 Pro, dan model tertingginya yang dinamai SU7 Max.

Meski berbeda secara varian, mobil listrik Xiaomi SU7 menggunakan basis platform yang sama. Panjang total mobil ini hampir 5 meter, tepatnya 4.997 mm. Lebarnya 1.963 mm dan tinggi 1.440 mm. Sementara jarak sumbu rodanya tembus 3.000 mm.

Jika kurang familiar dengan deskripsi ukurannya, mobil ini secara umum berukuran lebih panjang dan lebih lebar ketimbang Hyundai IONIQ 5. Namun tidak lebih tinggi.

Sebagai pabrikan teknologi ternama, Xiaomi juga menyematkan fitur-fitur canggih ke mobil ini. Salah satu andalan mereka adalah Smart Cockpit. Di mana, di dalam kabin dari Xiaomi SU7 ini disediakan 5 buah layar yakni headunit, instrumen kluster, head-up display, hingga dua layar untuk penumpang belakang.

Tak tanggung-tanggung untuk layar headunit-nya, spek yang diberikan Xiaomi setara tablet flagship yang pernah mereka jual. Layar headunit-nya seluas 16,1 inci dengan resolusi 3K dan chipset prosesor Snapdragon 8295.

Sementara untuk tablet penumpangnya, Xiaomi memberikan tablet Xiaomi Pad 6S Pro 12,4 inci yang dirancang khusus untuk mobil listrik SU7.

"Saya rasa saat kami mendesain sebuah produk, kami tidak mendesain hanya untuk keindahan atau penampilan, kami juga mendesain untuk pengalaman," ujar Lei.

Presentasi CEO Xiaomi, Lei Jun, saat meluncurkan mobil listrik Xiaomi SU7 di China pada Jumat (28/3/24).Presentasi CEO Xiaomi, Lei Jun, saat meluncurkan mobil listrik Xiaomi SU7 di China pada Jumat (28/3/24). Foto: Youtube/Xiaomi

Spesifikasi mobil listrik Xiaomi SU7 juga sangat menarik. Untuk model entry levelnya, SU7 menggunakan motor listrik bertenaga 220 kW dan bisa melaju maksimal 210 km/jam.

Xiaomi SU7 ini mengusung baterai berkapasitas 73,6 kWh dan diklaim bisa menempuh jarak 700 km dalam satu kali pengecasan penuh. Untuk ngecasnya pun tak perlu waktu lama, sebab dalam hitungan 15 menit diklaim mobil ini bisa terisi daya yang membuatnya bisa melaju hingga 350 km.

Sementara di kelas menengah, Xiaomi SU7 Pro juga sama menariknya. Mobil ini membawa spek motor listrik yang sama dengan SU7. Namun yang bikin SU7 Pro menarik adalah dari pilihan baterainya.

Xiaomi membekali SU7 Pro dengan baterai berkapasitas 94,3 kWh. Di mana, dalam kondisi baterai terisi penuh, SU7 Pro diklaim bisa melaju hingga 758-830 km tergantung ukuran pelek yang dipilih. Untuk skema pengecasannya, sama dengan SU7.

Lantas, terbaik dari yang terbaik adalah SU7 Max. Xiaomi membekali motor ini dengan motor listrik ganda dengan rate maksimal 871V. Total tenaga maksimalnya diklaim tembus 495 kW dan torsi 838 Nm.

Hanya butuh 2,78 detik untuk melarikan mobil ini dari 0-100 km per jam dan top speed-nya diklaim bisa sampai 265 km/jam.

Xiaomi SU7 Max hadir dengan baterai berkapasitas 101 kW. Diklaim saat terisi penuh, baterai ini bisa membawanya menempuh jarak 800 km. Hal yang juga mengagumkan dari mobil ini adalah koefisien drag-nya tembus 0,195 cd. Artinya, mobil ini tak hanya aerodinamis tapi juga efisien ketika melaju.

Mobil listrik Xiaomi SU7Interior mobil listrik Xiaomi SU7 Foto: dok. Xiaomi

Harga mobil listrik Xiaomi SU7 benar-benar menggebrak pasar mobil listrik dunia. Dengan spesifikasi yang sangat menarik, Xiaomi menjual SU7 dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 474 jutaan hingga Rp 658 jutaan.

Xiaomi menjual SU7 dengan harga 215.900 yuan China atau setara dengan Rp 474 jutaan. Sementara untuk Xiaomi SU7 Pro dibanderol 245.900 yuan China atau setara Rp 539 jutaan. Lantas mobil listrik paling canggih dan bertenaga yang mereka jual, Xiaomi SU7, dijual dengan harga 299.900 yuan China atau setara Rp 658 jutaan.

Simak Video "Wujud Mobil Listrik Pertama Xiaomi yang Resmi Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

Adblock test (Why?)


Mobil Listrik Xiaomi Resmi Dijual, Harganya Bikin Ngiler! - detikOto
Read More

No comments:

Post a Comment

Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia - Tribunnews.com

[unable to retrieve full-text content] Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia    Tribunnews.com i...