Rechercher dans ce blog

Friday, March 1, 2024

Jokowi: Smelter Freeport Gresik Beroperasi Juni, Rekrut 20 Ribu Orang - CNN Indonesia

Palembang, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengatakan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik akan beroperasi Juni 2024. Jokowi mengatakan industri pengolahan tembaga itu akan menyerap puluhan ribu tenaga kerja.

Dia berencana merekrut banyak pekerja Indonesia dan anak muda untuk bekerja di sana. Ia bahkan memperkirakan bisa tembus 20 ribu pekerja yang direkrut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Juni tahun ini industri smelter PT Freeport yang akan mengolah tembaga dan mungkin juga ada emasnya berton-ton akan mulai beroperasi dan akan merekrut anak-anak muda kita," kata Jokowi pada Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Palembang, Jumat (1/3).

"Mungkin lebih dari 15 ribu atau 20 ribu untuk bekerja di sana," ujarnya.

ADVERTISEMENT

Jokowi mengatakan smelter ini penting untuk mendukung hilirisasi industri. Dia ingin tembaga yang ditambang di Indonesia juga diolah di dalam negeri.

[Gambas:Video CNN]

Ia tak mau lagi kehilangan kesempatan. Menurut Jokowi, selama ini Freeport mengeskpor tembaga mentah ke Jepang dan Spanyol untuk diproses.

"Sudah 55 tahun diekspor dalam bentuk mentahan oleh PT Freeport. Bayangkan 55 tahun. Dan kita tidak tahu apakah yang diekspor itu hanya tembaga atau ada emasnya," ucapnya.

Jokowi kembali menekankan pentingnya hilirisasi industri bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dia berkata kebijakan ini menjadi kunci bagi Indonesia menjadi negara maju.

Dia berkata hilirisasi industri akan menambah pendapatan negara berkali-kali lipat. Selain itu, hilirisasi mendorong pembukaan lapangan pekerjaan.

(dhf/chri)

Adblock test (Why?)


Jokowi: Smelter Freeport Gresik Beroperasi Juni, Rekrut 20 Ribu Orang - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Siapa Diuntungkan Turunnya BI Rate? - Kompas.com

[unable to retrieve full-text content] Siapa Diuntungkan Turunnya BI Rate?    Kompas.com Saham BBRI Terbang Sampai 30%, Ini Bocoran Inves...