Rechercher dans ce blog

Friday, March 22, 2024

Indonesia Hanya Punya 2 Pemasok Komponen Apple, Kalah dari Tetangga - detikInet

Jakarta -

Apple memiliki jaringan pemasok komponen yang luas dan beragam di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sayangnya jumlahnya kalah banyak dari negara tetangga.

Penelusuran detikINET dari data Laporan Pemasok Apple Tahun 2022 yang bisa diakses oleh publik di sini, hanya ada dua perusahaan yang lokasi manufakturnya di Indonesia. Padahal raksasa teknologi asal Cupertino itu punya 200 lebih pemasok.

Pertama Panasonic Corporation yang berlokasi di Jawa Barat. Kedua Yageo Corporation yang berada di Batam, Kepulauan Riau.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tidak disebutkan komponen apa yang dibuat kedua perusahaan. Namun yang pasti setiap supplier Apple membuat produk untuk kebutuhan seluruh dunia.

ADVERTISEMENT

Memang sedikit membanggakan bahwa Indonesia terlibat dalam rantai pasokan Apple. Tapi perannya tidak sebesar negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia bahkan Thailand.

Singapura saja punya 21 perusahaan yang jadi supplier Apple, seperti 3M, ams-OSRAM AG, Infineon Technologies AG dan lainnya.

Malaysia punya 17 supplier Apple, seperti Western Digital Corporation, Taiyo Yuden Company Limited, STMicroelectronics N.V. dan sebagainya. Thailand punya 18 perusahaan pemasok Apple, paling banyak dikenal Sony Corporation yang kemungkinan menggarap sensor kamera iPhone.

Keterlibatan yang lebih kecil Indonesia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infrastruktur industri, kebijakan pemerintah, dan strategi bisnis Apple sendiri. Namun, dengan berkembangnya ekonomi digital dan peningkatan investasi di Tanah Air, semoga saja keterlibatan Indonesia dalam rantai pasokan global Apple semakin meningkat.

Apa lagi CEO Apple Tim Cook dikabarkan akan menyambangi Indonesia bulan depan. Kabar tersebut dihembuskan Menkominfo Budi Arief Setiadi.

"Tapi gini Microsoft ingin hadir di pertengahan April. Terus dari Apple, Tim Cook, mau datang 20 April," jelas Budi ketika ditemui di Lapangan Anatakupa, Kominfo, usai acara Santunan dan Buka Bersama Bersama Kominfo, Kamis (21/3/2024).

Budi menyampaikan bahwa rencana CEO Apple datang ke Indonesia ialah ingin meresmikan Apple Academy.

"Apple Academy ini untuk melatih SDM-SDM, sehingga SDM-SDM digital kita makin kompetitif. Bagus, udah hampir 2000an," jelas Budi.

Simak Video "Apple Bayar Rp 7,6 T Seusai Dituding Tipu Investor"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

Adblock test (Why?)


Indonesia Hanya Punya 2 Pemasok Komponen Apple, Kalah dari Tetangga - detikInet
Read More

No comments:

Post a Comment

Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia - Tribunnews.com

[unable to retrieve full-text content] Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia    Tribunnews.com i...