Rechercher dans ce blog

Sunday, January 7, 2024

Barisan Saham Pendorong IHSG Cetak Rekor - Investor.ID

JAKARTA, investor.id – Indeks harga saham gabungan (IHSG) mencetak rekor tertinggi baru sepanjang masa atau all time high (ATH) pada perdagangan Jumat (5/1/2024) setelah menyentuh level 7.402,1 secara intraday, sebelum ditutup di level 7.350.

Selama pekan pertama perdagangan pada 2024, IHSG telah naik 1,12% (year to date/ytd). “Kenaikan itu didorong oleh peningkatan harga saham bank-bank besar (big banks),” tulis Stockbit dalam ulasannya, yang dikutip pada Minggu (7/1/2024).

Saham bank-bank besar tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Saham BMRI melonjak 6,2% (ytd), BBNI menguat 3,72% (ytd), BBCA naik 1,86% (ytd), dan BBRI terangkat 1,77% (ytd).

Advertisement

“Kenaikan harga saham big banks dan IHSG didorong oleh aksi net buy asing, dengan inflow selama pekan pertama Januari 2024 mencapai Rp 2,87 triliun. Pada Desember 2023, asing mulai kembali ke pasar saham Indonesia dengan net buy sebesar Rp 7,79 triliun,” ungkap Stockbit.

Sebelumnya, investor asing mencatatkan outflow berturut-turut pada Agustus-November 2023, yang dipicu oleh narasi higher for longer rates dari The Fed. Akumulasi outflow pada periode tersebut mencapai Rp 32,4 triliun. Termasuk, transaksi crossing saham GEMS senilai Rp 18,5 triliun dari Golden Energy and Resources Ltd, perusahaan milik Sinar Mas yang berada di Singapura, ke DSSA.

Sementara itu, di pasar obligasi, investor asing telah kembali ke Indonesia sejak November 2023 dengan inflow sebesar Rp 29,9 triliun.

“Tren inflasi yang terus membaik di Amerika Serikat dan Indonesia semakin memperkuat narasi pemangkasan suku bunga oleh The Fed dan Bank Indonesia. Suku bunga yang lebih rendah akan meningkatkan daya tarik pasar saham emerging markets, termasuk Indonesia, di mata para investor global, sehingga tren inflow asing berpotensi berlanjut,” pungkas Stockbit.

Saham Penarik Dana Asing Terbesar 

Editor: Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

IDTV Link
LIVE STREAMING

Saksikan tayangan informasi serta analisis ekonomi, keuangan, dan pasar modal di IDTV

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+oCMJPFzpWeg0OGZl, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)


Barisan Saham Pendorong IHSG Cetak Rekor - Investor.ID
Read More

No comments:

Post a Comment

Carlo Ancelotti: Sabar Dulu ya, Endrick - detikSport

[unable to retrieve full-text content] Carlo Ancelotti: Sabar Dulu ya, Endrick    detikSport Akui Bersikap Tak Adil, Ancelotti Minta Endr...