Rechercher dans ce blog

Friday, October 27, 2023

Pertama di Indonesia, Maskapai Garuda Indonesia Operasikan Penerbangan Komersial dengan Energi Terbarukan - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. meresmikan pengoperasian penerbangan komersial dengan energi terbarukan sustainable aviation fuel (SAF) Bioavtur J2.4. Peresmian itu bertepatan dengan Hari Penerbangan Nasional melalui penerbangan khusus bertajuk #FromNatureToFuture dengan rute penerbangan Jakarta – Solo pulang pergi (PP).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan hal ini menjadi kebanggaan bagi perseroan yang menghadirkan kontribusi terbaik bagi bangsa. Melalui berbagai inisiatif berkelanjutan, dan menjadi garda terdepan mendukung upaya pengurangan emisi karbon.

“Salah satunya dengan mengoperasikan penerbangan komersial berbahan bakar bioavtur J2.4 ini,” ujar Irfan lewat keterangan tertulis pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Selain itu, menurut Irfan, penerbangan ini juga menjadi tanda keberhasilan Garuda Indonesia bersama para stakeholders lainnya, di antaranya Pertamina Group, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Direktorat Kelaiakudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan.

Selain itu, yang terlibat juga Tim Peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB), BPDPKS, dan APROBI. Semuanya, kata Irfan, secara solid berhasil menciptakan tonggak sejarah baru di industri penerbangan komersial Indonesia, setelah sebelumnya bioavtur ini berhasil melewati serangkaian tahap uji engine test dengan hasil respons yang baik dan terkendali pada mesin pesawat komersial.

“Melalui penerbangan perdana ini, Garuda Indonesia akan terus mendukung penuh proses pengembangan dan produksi Sustainable Aviation Fuel. Sesuai dengan standar kriteria Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA) dari International Civil Aviation Organization (ICAO),” ucap Irfan.

Selanjutnya: Ke depan, Irfan berujar, penggunaan bahan bakar terbarukan....

Adblock test (Why?)


Pertama di Indonesia, Maskapai Garuda Indonesia Operasikan Penerbangan Komersial dengan Energi Terbarukan - Bisnis Tempo.co
Read More

No comments:

Post a Comment

Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia - Tribunnews.com

[unable to retrieve full-text content] Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia    Tribunnews.com i...