Rechercher dans ce blog

Tuesday, September 5, 2023

OJK Awasi Ketat Pinjol Macet TaniFund hingga Investree - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mengawasi ketat pinjaman online (pinjol) macet di sejumlah fintech yakni TaniFund, iGrow, dan Investree.

Bahkan, Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Lainnya (PMVL) Agusman mengatakan TaniFund sudah meminta bantuan kantor hukum untuk menagih pelunasan kredit macet tersebut.

"TaniFund misalnya, kami monitoring terhadap penanganan pinjaman macet secara khusus dan penuh. Kami memang memperhatikan TaniFund ini tidak lagi menyalurkan pendanaan baru dan diminta fokus menyelesaikan pinjaman macetnya," jelasnya dalam Konferensi Pers Online Rapat Dewan Komisioner Bulanan (RDKB) Agustus 2023, Selasa (5/9).

"TaniFund sedang melakukan optimalisasi penagihan dengan menggunakan bantuan kantor hukum untuk memberikan surat teguran, somasi, dan/atau upaya hukum lainnya kepada para borrower," sambung Agusman.

OJK melihat ada isu keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dan finansial dari TaniFund, sehingga memicu kendala penanganan kredit macet tersebut. Agusman juga menyinggung soal peminjam yang utamanya petani, di mana punya karakteristik berbeda dengan masyarakat pada umumnya.

Perhatian khusus juga diberikan kepada iGrow dan Investree. Ia menyebut OJK sudah meminta keduanya menyampaikan rencana aksi untuk menangani kredit macet tersebut.

"Investree kami perhatikan juga secara intens melakukan penagihan kepada portofolio yang tidak melakukan pembayaran sesuai jatuh tempo. Ini kami monitoring ketat dan akan ditindaklanjuti kalau misalnya ada progres yang tidak sesuai ketentuan," beber Agusman.

Ia turut meminta iGrow untuk benar-benar mematuhi action plan yang direncanakan.

"Untuk produk agri financing agar disetop dulu sampai seluruh utang macet dan bermasalah dapat diselesaikan. Apabila dari hasil pengawasan dan analisis ditemukan pelanggaran atas ketentuan yang berlaku, tentu OJK akan melakukan penegakan ketentuan dan mengenakan sanksi administratif berdasarkan ketentuan yang berlaku," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/sfr)

Adblock test (Why?)


OJK Awasi Ketat Pinjol Macet TaniFund hingga Investree - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Siapa Diuntungkan Turunnya BI Rate? - Kompas.com

[unable to retrieve full-text content] Siapa Diuntungkan Turunnya BI Rate?    Kompas.com Saham BBRI Terbang Sampai 30%, Ini Bocoran Inves...