Rechercher dans ce blog

Tuesday, September 5, 2023

Geber Energi Terbarukan, Erick Ingin Danau di RI Dipasang PLTS - detikFinance

Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya akan mendorong investasi di bidang energi baru terbarukan. Sektor ini merupakan salah satu sektor potensial yang bisa dikerjasamakan di antara negara-negara ASEAN.

Erick pun menjelaskan, kawasan danau saat ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga surya. Dia mengatakan, Indonesia sendiri telah menjalin kerja sama dengan Uni Emirat Arab untuk menggarap PLTS Terapung Cirata.

Lanjut Erick, dengan kawasan yang lebih besar untuk dimanfaatkan maka terbuka peluang investasi.

"Kalau tadi disampaikan ke Bapak Presiden contoh di kawasan danau-danau sekarang itu bisa menjadi floating daripada solar panel yang sudah kemarin salah satunya berpartner dengan UAE tadinya ada batasan wilayah hanya 5% tetapi sekarang sudah bisa sampai 25%, artinya apa potensi yang kemarin sama Masdar di Cirata itu hanya 130-an, itu bisa menjadi 1 giga watt," jelasnya di sela-sela acara ASEAN-Indo Pacific Forum (AIPF) di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (5/9/2023).

"Bayangkan kalau kita danau-danau kita juga menjadi friendly kepada tadi energi terbarukan. Nah investasi besar ini yang kita terbuka," sambungnya.

Kembali, Erick mengatakan, investasi tersebut perlu didorong. Dia bilang, hal itu supaya pertumbuhan ekonomi terjadi di Indonesia.

"Nah, hal-hal ini yang saya rasa kita masih dorong bahwa kita pastikan tadi pertumbuhan ekonomi tidak terjadi di mana, tetapi yang prioritas di Indonesia. Indonesia menyumbangkan pertumbuhan ekonomi yang ada di Asia Tenggara dan juga dunia," ungkapnya.

Lihat Video: Penampilan Mawar De Jongh-Lea Simanjuntak di KTT ke-43 ASEAN

[Gambas:Video 20detik]

(acd/rrd)

Adblock test (Why?)


Geber Energi Terbarukan, Erick Ingin Danau di RI Dipasang PLTS - detikFinance
Read More

No comments:

Post a Comment

Siapa Diuntungkan Turunnya BI Rate? - Kompas.com

[unable to retrieve full-text content] Siapa Diuntungkan Turunnya BI Rate?    Kompas.com Saham BBRI Terbang Sampai 30%, Ini Bocoran Inves...