Rechercher dans ce blog

Wednesday, July 26, 2023

TikTok Tegaskan Project S Nggak Bakal Ada di Indonesia - detikFinance

Jakarta -

Project S TikTok tengah banyak mendapat perhatian masyarakat Indonesia karena penerapannya yang berpotensi mengancam keberlangsungan bisnis UMKM RI. Dalam hal ini, TikTok Indonesia menegaskan Project S tidak akan diterapkan di Indonesia.

Head of Communication TikTok Indonesia Anggini Setiawan mengatakan, pihaknya tidak akan membuka aktivitas perdagangan cross border. Bahkan sejak TikTok Shop diluncurkan 2021 di Tanah Air, bisnis cross border tidak dibuka.

"Kami tak punya niatan untuk menciptakan produk e-commerce sendiri atau menjadi wholeseller berkompetisi dengan penjual lokal di Indonesia," kata Anggini, dalam konferensi pers di Kantor Kemenkop UKM, Rabu (26/7/2023).

Anggini juga menegaskan, apa yang diterapkan di negara lain belum tentu berhasil diterapkan di Indonesia, seperti halnya Project S TikTok di Inggris. Ia juga mengatakan, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan berbagai kementerian menyangkut operasi TikTok di Indonesia.

Selaras dengan hal ini, Anggini menegaskan, pihaknya berkomitmen mendukung UMKM lokal. Dalam hal ini, TikTok Indonesia mengklaim seller TikTok 100% berasal dari lokal. Adapun total seller TikTok Shop di Indonesia kini mencapai 2 juta seller.

"Kami tegas menyatakan 100% penjual TikTok memiliki entitas lokal yang terdaftar atau merupakan perusahaan mikro lokal yang verifikasi lewat KTP atau paspor. Kami senantiasa tunduk, patuh dan menghormati segala hukum di Indonesia," katanya.

Anggini mengatakan, pihaknya juga telah memperoleh izin operasi dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) lewat penerbitan SIUP 3A PMSE. Pihaknya juga menyambut baik revisi dari Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 50 tahun 2020 yang mengatur terkait dengan jual-beli online, termasuk di social commerce seperti TikTok.

"Kami percaya penjual RI bisa diberi kebebasan untuk memilih platform mana untuk mengembangkan bisnisnya, tumbuh di Indonesia, begitu pula konsumen. Dengan perlindungan konsumen, maka setiap platform dapat diberikan kesempatan sama," kata Anggini.

"Dinamika pasar cukup kompleks. komitmen kami akan terus berdiskusi dengan Kemenkop UKM agar pemain UMKM lokal di Indonesia bisa sama-sama jaya," ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, komitmen TikTok Indonesia terhadap UMKM RI juga terlihat lewat investasi mencapai US$ 12 juta yang dikucurkan CEO TikTok untuk ASEAN, termasuk Indonesia. Sejak Berdiri di Tanah Air pada 2021, pihaknya juga rutin menjalankan berbagai program pemberdayaan UMKM melalui sejumlah kerja sama dengan pemerintah RI.

Sebagai tambahan informasi, Project S merupakan platform e-commerce yang diluncurkan oleh perusahaan induk TikTok, ByteDance. Platform ini dilaporkan telah beroperasi di pasar Inggris pada 21 Juni 2023 kemarin. Berbeda dengan TikTok Shop yang beroperasi sebagai platform penjualan online di mana para pedagang dapat memamerkan dan menjual produk mereka, Project S merupakan platform di mana perusahaan langsung menjual dagangannya sendiri.

Diberitakan semua barang yang diiklankan itu nantinya akan langsung dikirim dari China, dan dijual oleh perusahaan milik TikTok yang terdaftar di Singapura. Modelnya mirip dengan cara Amazon membuat dan mempromosikan sendiri rangkaian produk terlarisnya. Meski saat ini Projet S TikTok belum ada di Indonesia, namun perhatian berbagai pihak tengah tertuju pada isu ini. Pasalnya, proyek ini disinyalir akan sangat merugikan UMKM RI.

(kil/kil)

Adblock test (Why?)


TikTok Tegaskan Project S Nggak Bakal Ada di Indonesia - detikFinance
Read More

No comments:

Post a Comment

Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia - Tribunnews.com

[unable to retrieve full-text content] Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia    Tribunnews.com i...