Rechercher dans ce blog

Saturday, June 10, 2023

Menperin Wanti-wanti Badai Resesi Eropa Terjang Ekonomi RI - detikFinance

Jakarta -

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengingatkan kondisi ekonomi global yang dalam kondisi tidak baik-baik saja. Ia juga meminta untuk mewaspadai hal tersebut.

"Saya sepakat bahwa ekonomi global sedang tidak baik dan kita harus hati-hati dan waspada dan mengikuti perkembangan," ujar Agus Gumiwang di Kementerian Perindustrian, Jumat (9/6/2023).

"Kita sama-sama harus waspada terhadap apa yang terjadi secara global, khususnya di bidang ekonomi. Ini situasi yang tidak baik, pasar global masih melemah," tambahnya.

Apalagi Eropa resmi masuk ke jurang resesi. Agus Gumiwang mengingatkan akan ada penurunan permintaan barang dari Eropa.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah berkoordinasi dengan industri dan asosiasi, terkait masuknya barang-barang impor ke Indonesia. Ia meminta agar meningkatkan kewaspadaan usai Eropa resmi resesi.

"Jadi kita harus juga waspada kita sama-sama tahu bahwa ada satu region, sebut saja Eropa, yang sedang sulit ekonominya sehingga sudah dapat dipastikan daya beli masyarakat Eropa sedang menurun," lanjutnya.

Sementara itu Agus Gumiwang menyebut Indonesia tak ingin sektor industri turun yang mengakibatkan PHK. Meskipun ia mengakui target pasar semakin kecil usai Eropa resesi. Indonesia selama ini mengandalkan Eropa sebagai pasar tradisional tujuan ekspor.

Ia berencana mengalihkan tujuan ekspor dari pasar tradisional ke negara-negara yang pertumbuhannya baik. Ia menambahkan negara-negara industri bakal mengalihkan tujuan penjualannya ke negara yang populasinya besar.

"Marketnya itu semakin lama semakin kecil. Negara-negara yang akan dituju adalah negara-negara yang punya populasi signifikan. Itu yang akan diserbu oleh produk-produk yang biasanya diserap di Eropa. Sekarang Eropa tidak bisa serap. Jadi akan cari destinasi lain,"

Di pasar domestik Kemenperin bakal melakukan penguatan melalui pemberian insentif. Sektor yang disasar adalah industri padat karya demi meminimalisir PHK.

"Itu yang akan kita prioritaskan, kita utamakan adalah industri yang mempunyai multiplier effect tinggi, sebut saja padat karya misalnya. Itu sektor-sektor yang akan kita carikan insentif agar tidak semakin meningkatkan PHK," pungkasnya.

(hns/hns)

Adblock test (Why?)


Menperin Wanti-wanti Badai Resesi Eropa Terjang Ekonomi RI - detikFinance
Read More

No comments:

Post a Comment

Siapa Diuntungkan Turunnya BI Rate? - Kompas.com

[unable to retrieve full-text content] Siapa Diuntungkan Turunnya BI Rate?    Kompas.com Saham BBRI Terbang Sampai 30%, Ini Bocoran Inves...