Rechercher dans ce blog

Thursday, March 2, 2023

Jokowi Umumkan Insentif Kendaraan Listrik dalam Waktu Dekat - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan insentif kendaraan listrik segera diumumkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi

"Diumumkan dalam waktu dekat," kata Airlangga ditemui di Istana Negara, Kamis 2 Maret 2023. 

Namun begitu, Airlangga masih menyembunyikan besaran insentif yang akan diberikan oleh pemerintah untuk peralihan kendaraan listrik tersebut. "(Anggarannya) ada, tunggu pengumuman," kata Airlangga. 

Airlangga sebelumnya memberikan sinyal pemberian insentif kendaraan listrik di Indonesia akan lebih menarik daripada Thailand. 

"Untuk otomotif kami sedang pertimbangkan, tapi semuanya berbasis dalam negeri. Bapak Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa untuk ekosistem ini kita harus bersaing dengan Thailand yang memberikan (insentif) setidaknya Rp 80 juta per mobil,” ujar Airlangga dalam acara Economic Outlook 2023 “Menjaga Momentum Ekonomi di Tengah Ketidakpastian” yang disiarkan langsung di CNBC TV, Selasa, 28 Februari 2023 lalu. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Menteri ESDM) Arifin Tasrif pun mengatakan subsidi akan diprioritaskan untuk sepeda motor listrik. 

“Sementara sesuai dengan anggaran yang disediakan, itu dulu yang harus diselesaikan. Nanti lihat animo masyarakat ke mana,” ujar Arifin ketika ditemui wartawan di Kantor Kementerian ESDM, pada 17 Februari 2023. 

Pendanaan insentif kendaraan listrik akan dialokasikan dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Penyalurannya dilakukan melalui dua pintu, yakni di Kementerian ESDM untuk program konversi dan di Kementerian Perindustrian untuk pembelian sepeda motor listrik baru. 

“Rencana demikian. Sekarang sudah disiapkan semua perangkat, tinggal kapan start,” ucap Arifin. “Nilai sudah jelas. Ada patokan, ada gambaran. Nilainya sudah kalian dengar sendiri,” bebernya. 

Meski belum ada pengumuman resmi, untuk insentif kendaraan motor listrik nominalnya sebesar Rp 7 juta, baik pembelian baru maupun konversi.

FRANSISCA CHRISTY ROSANA| ADE RIDWAN YANDWIPUTRA | RIRI RAHAYU

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Adblock test (Why?)


Jokowi Umumkan Insentif Kendaraan Listrik dalam Waktu Dekat - Bisnis Tempo.co
Read More

No comments:

Post a Comment

Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia - Tribunnews.com

[unable to retrieve full-text content] Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia    Tribunnews.com i...