Rechercher dans ce blog

Wednesday, January 18, 2023

Tahun ini, Harga Emas Bakal Tembus Rp 2 Juta/Gram? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas dunia menurun dalam 3 hari terakhir yang turut menyeret harga emas batangan di dalam negeri. Meski demikian, harga emas dunia masih bertahan di atas US$ 1.900/troy ons, dan diperkirakan akan terbang tinggi tahun ini.

Chief investment officer Swiss Asia Capital, Juerg Kiener, memberikan proyeksi ekstremnya. Menurutnya, harga emas akan terbang hingga US$ 4.000 per troy ons pada 2023.

Proyeksi tersebut didasari adanya resesi serta pelonggaran kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed).

"Emas tidak hanya akan naik 10-20% tetapi akan sangat tinggi. Harga emas bisa menembus US$ 2.500-4.000 per troy ons pada tahun depan (2023)," tutur Kiener, dikutip dari CNBC International akhir tahun lalu. 

Proyeksi ekstrem juga dikeluarkan Saxo Bank. Bank asal Denmark tersebut memproyeksi harga logam mulia akan terbang ke US$ 3.000 per troy ons.

Untuk diketahui satu troy ons setara dengan 31,1 gram. Jika harga emas dunia mencapai besaran US$ 4.000/troy ons, untuk mencari harga per gramnya maka dibagi 31,1. Hasilnya yakni US$ 128,6 per gram.

Dengan asumsi kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu (18/1/2023) Rp 15.137/US$, maka harga emas dunia jika dikonversi ke rupiah bisa mencapai Rp 1.946.618/gram.

Artinya, jika harga emas dunia menembus US$ 4.000/troy ons, maka harga emas batangan di dalam negeri bisa mencapai Rp 2 juta/gram.

Tetapi sekali lagi dengan asumsi harga emas dunia benar menembus US$ 4.000/troy ons, serta nilai tukar rupiah masih di atas Rp 15.000/US$.

Pergerakan nilai tukar rupiah juga mempengaruhi harga emas batangan di dalam negeri. Misalnya, jika harga emas dunia US$ 4.000/troy ons, sementara nilai tukar rupiah berada di Rp 14.500/US$, maka harga per gramnya Rp 1.864.700.

Sebagai catatan, ilustrasi tersebut masih hitungan kasar, belum memperhitungkan biaya-biaya lainnya hingga pajak. Sehingga harga emas batangan bisa lebih tinggi lagi.

Pada perdagangan Rabu kemarin harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam ukuran 1 gram dijual Rp 1.022.000/batang. Sementara harga emas dunia menutup perdagangan Selasa di US$ 1.908/troy ons.

Pergerakan harga emas dunia akan mempengaruhi harga emas Antam sehari setelahnya.

TIM RISET CNBC INDONESIA 

Sanggahan: Berita ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli atau menjual aset terkait. Keputusan investasi sepenuhnya ada pada diri anda, dan CNBC Indonesia tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Kejayaan Emas Hancur Lebur, Begini Faktanya di Pedagang


(pap/pap)

Adblock test (Why?)


Tahun ini, Harga Emas Bakal Tembus Rp 2 Juta/Gram? - CNBC Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia - Tribunnews.com

[unable to retrieve full-text content] Kabar Tak Sedap Iringi Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia    Tribunnews.com i...