KOMPAS.com - Facebook Inc resmi berganti nama menjadi “Meta”. Penggantian nama perusahaan yang sudah berdiri selama 17 tahun itu disampaikan langsung oleh Pendiri sekaligus CEO Facebook Inc, Mark Zuckerberg.
Pengumuman penggantian nama Facebook ke “Meta” ini disampaikan Mark Zuckerberg pada konferensi tahunan Connect, Kamis (28/10/2021).
Pergantian nama ini langsung mencuat menjadi pemberitaan utama mengingat nama Facebook yang sudah kadung dikenal di tengah masyarakat dunia.
Baca juga: Resmi, Facebook Berganti Nama Menjadi Meta
Namun demikian, pada sesi wawancara bersama The Verge, Zuck--sapaan akrab Mark Zuckerberg--mengungkap alasan di balik penggantian nama Facebook. Dijelaskan oleh Zuck, setidaknya ada tiga alasan yang mendasari perubahan nama Facebook menjadi Meta.
Berikut adalah penjelasannya.
1. Sesuai dengan visi masa depan
Alasan yang pertama adalah Facebook Inc ingin melakukan rebranding dengan nama yang sejalan dengan visi masa depan Facebook. Perusahaan Facebook diketahui tengah mengembangkan visi masa depan yang diberi nama metaverse.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
Meski belum ada definisi pasti tentang metaverse, istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan dunia virtual baru tempat orang dapat bermain game, bekerja, dan berkomunikasi dengan orang lainnya dalam lingkungan virtual, biasanya dengan mengandalkan headset Virtual Reality (VR).
"Jadi kami ingin memiliki identitas merek baru yang selaras dengan visi masa depan yang sedang kami upayakan," kata Zuck.
Menurut Zuckerberg, metaverse akan menjadi platform masa depan dan sekaligus memberikan pengalaman sosial.
Sebagai langkah awal, Facebook juga sudah mengumumkan rencananya untuk menciptakan 10.000 pekerjaan baru di Uni Eropa selama lima tahun ke depan untuk membangun metaverse.
2. Ubah citra media sosial di brand Facebook Inc
Facebook Inc merupakan perusahaan raksasa yang membawahi media-media sosial populer di dunia, seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram.
Hal itu, menurut Zuckerberg, menjadikan Facebook Inc terlalu identik dengan image media sosial. Padahal, kata dia, Facebook Inc ingin dikembangkan lebih dari sekadar perusahaan yang berbasis social network semata.
"Bagi kami, (perusahaan) ini bukan hanya tentang media sosial, dan kami semakin bergerak lebih dari itu. (Menggunakan nama Facebook Inc) rasanya seperti brand perusahaan terikat dengan ide media sosial dan salah satu produk spesifik (Facebook) yang kami bangun di sana," kata Zuckerberg.
Tak hanya itu, lini usaha yang juga bernaung di bawah Facebook juga brand media sosial lain seperti WhatsApp dan Instagram. Sehingga, menurut Zuck, nama Facebook Inc. saat ini juga tak lagi cukup merepresentasikan visi perusahaan.
"Jadi kami ingin mengubahnya untuk memiliki sesuatu yang lebih menggugah dari visi yang kami tuju," kata Zuckerberg.
Baca juga: Zuckerberg Ungkap Alasan Facebook Ganti Nama Jadi Meta
3. Menghindari kebingungan
Alasan ketiga adalah menghindari kebingungan. Zuck mengatakan, digantinya nama Facebook Inc menjadi “Meta” adalah untuk menghindari kebingungan antara Facebook Inc sebagai perusahaan induk dengan produk media sosial di bawahnya, yakni Facebook.
"Secara lebih fungsional dan teknis, saya pikir ada banyak kebingungan dan kecanggungan tentang brand perusahaan induk yang juga merupakan brand salah satu aplikasi media sosial," kata Zuck.
Zuck lalu mencontohkan apa yang terjadi pada pengguna headset Oculus Quest VR. Dijelaskannya, bahwa sejak 2020, pengguna headset Oculus Quest VR perlu login menggunakan akun Facebook mereka.
"Karena kami ingin memiliki satu identitas atau sistem akun untuk perusahaan," imbuh dia.
Namun, kata Zuck, login menggunakan akun Facebook di produk Quest seperti saat ini bisa menimbulkan kebingungan.
"Apakah Quest saya akan menjadi terikat dengan akun media sosial Facebook saya? Apakah saat akun Facebook yang digunakan untuk login Quest dinonaktifkan, perangkat Oculus Quest saya akan rusak? Apakah dengan login menggunakan akun Facebook itu berarti data saya entah bagaimana akan dibagikan?" tutur Zuck.
Baca juga: Facebook Ingin Kembangkan Metaverse, Apa Itu?
Maka dari itu, ke depannya adalah pengguna akan memiliki akun Facebook sendiri, akun Instagram sendiri, dan akun perusahaan sendiri. Sayangnya, Zuck belum merinci akun perusahaan seperti apa yang ia maksud.
Apakah pengguna nantinya bakal bisa membuat akun dengan embel-embel "Meta" sebagai nama baru Facebook Inc atau bagaimana, masih belum jelas hingga kini.
"Jadi dengan begitu, jika Anda tidak ingin menggunakan Facebook, Anda tidak perlu melakukannya. Satu analogi yang menarik di sini adalah saya pikir kita pada dasarnya bergerak dari perusahaan yang mengutamakan Facebook, menjadi mengutamakan metaverse," terang Zuck
(Sumber:Kompas.com/Galuh Putri Riyanto | Editor: Reza Wahyudi)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.3 Alasan Facebook Ganti Nama Jadi Meta - Kompas.com - KOMPAS.com
Read More
No comments:
Post a Comment